Minggu, 04 Maret 2012

Tulisan 3 Bahasa Indonesia 2


HARD SKILL

Hard skill merujuk pada pekerjaan spesifik kemampuan, dan relevansi akan tentang pengetahuan khusus yang berhubungan dengan sistem yang "up to date". Jadi, hard skill adalah penguasaan ilmu pengetahuan, teknologi, dan ketrampilan teknis yang berhubungan dengan bidang ilmunya masing-masing.  Hard skill merupakan kemampuan teknis yang dipelajari di kelas atau di laboratorium, mereka yang belajar dengan rajin, giat, dan tekun akan memperoleh kemampuan teknis yang baik, dicerminkan salah satu hasilnya adalah dengan pencapaian nilai yang tinggi.
Hard skill memang akan terlihat jelas hasil nyata nya, dapat dilihat dari seberapa banyak pengetahuan atau kemampuan seseorang dalam menguasai beberapa bidang yang ia tekuni dengan serius. Misalnya, kemampuan tentang bagaimana menjalankan dan mengeksekusi prorgam, pengetahuan dan ketrampilan tentang kemajuan teknologi yang ia kuasai, kemampuan dalam penguasaan berbagai bahasa internasional, dan lain sebagainya. Seseorang yang memiliki hard skill yang baik akan sangat terlihat unggul dalam bidangnya. Ia akan sangat mudah mengembangkan dan beradaptasi dengan ilmu pengetahuan yang kian maju berkembang. Hal tersebut menunjukkan bahwa hard skill memang faktor yang sangat penting yang harus ada pada diri pribadi. Namun, perlu diingat bahwa keberhasilan seseorang dalam bekerja juga dapat ditentukan oleh soft skill nya yang baik selain hard skill yang dimiliki nya.
Menurut Aries, salah satu dosen Perguruan Tinggi di Indonesia mengatakan “Kesuksesan seseorang tidak ditentukan semata-mata oleh pengetahuan dan kemampuan teknis (hard skill) saja, tetapi lebih oleh kemampuan mengelola diri dan orang lain (soft skill),”. Dosen sekaligus penulis buku ini juga beranggapan bahwa pendidikan di Indonesia lebih memberikan porsi yang lebih besar untuk muatan hard skill, bahkan bisa dikatakan lebih berorientasi pada pembelajaran hard skill saja, sedangkan di dunia kerja dan entrepreneur sendiri sangat memerlukan etika dalam melakukan segala hal.
Jadi menurut saya, untuk menjadi seseorang yang unggul dalam persaingan nyata dunia kerja, tidak cukup seseorang itu hanya menguasai salah satu skill saja melainkan harus mempunyai dan mempersiapkan diri dengan hard skill dan soft skill. Seperti kata ungkapan “Setiap profesi  di tuntut untuk memiliki hardskill yang khusus, tetapi sofkill bisa merupakan kemampuan yang harus di miliki setiap profesi”.
Sumber :
·         http://www.infocomcareer.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar