Sabtu, 03 Maret 2012

Tugas 2 Bahasa Indonesia 2


Metode Penalaran
Penalaran memiliki 2 jenis yang umum, yaitu penalaran induktif dan penalaran deduktif. Berikut penjelasannya :
·         Penalaran Induktif
Adalah metode penalaran yang memiliki konsep berpikir dengan sifat bertolak atau berlawanan dari hal-hal yang khusus menjadi umum bentuknya. Dengan kata lain, cara metode ini menarik suatu kesimpulan yaitu menghasilkan pernyataan bersifat umum dari pernyataan-pernyataan yang sifatnya khusus. Yang termasuk penalaran induktif yaitu :
1.      Analogi : Penarikan kesimpulan yang didasarkan pada kesamaan fakta atau data yang ada. Caranya dengan membandingkan 2 hal berkarakteristik beda namun dapat dicari persamaan yang ada dari setiap bagiannya.
2.      Generalisasi : Penarikan kesimpulan yang bersifat umum dari pernyataan-pernyataan yang ada.
3.      Kausal : Penarikan ksimpulan dengan 3 prinsip, yaitu sebab ke akibat, akibat ke sebab, dan akibat ke akibat.
·         Penalaran Deduktif
Adalah metode penalaran yang menerapkan hal bersifat umum terlebih dulu yang selanjutnya akan dihubungkan ke dalam bagian-bagian yang khusus. Metode ini didasarkan pada prinsip, hokum, teori yang berlaku umum untuk suatu hal (gejala). Deduksi dimulai dengan suatu premis yaitu pernyataan dasar untuk menarik  kesimpulan. Kemudian kesimpulannya merupakan implikasi pernyataan dasar itu. Jadi, sebenarnya penalaran deduksi itu akan menghasilkan suatu kesimpulan yang konsisten dengan pernyataan dasarnya, bukan menghasilkan suatu pengetahuan yang baru.
Sumber :
·         http://tienivie.wordpress.com/2011/10/28/penalaran/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar