Sabtu, 03 Maret 2012

Tugas 1 Bahasa Indonesia 2


Definisi Penalaran
Penalaran menurut para ahli :
·         Wikipedia : Penalaran adalah proses berpikir yang bertolak dari pengamatan indera  (pengamatan empirik) yang menghasilkan sejumlah konsep dan pengertian.
·         Keraf (1985: 5) : Penalaran adalah suatu proses berpikir dengan menghubung-hubungkan bukti, fakta, petunjuk atau eviden, menuju kepada suatu kesimpulan.
·         Bakry (1986: 1) : Penalaran atau Reasoning merupakan suatu konsep yang paling umum menunjuk pada salah satu proses pemikiran untuk sampai pada suatu kesimpulan sebagai pernyataan baru dari beberapa pernyataan lain yang telah diketahui.
·         Suriasumantri (2001: 42) : Penalaran adalah suatu aktivitas berpikir dalam pengambilan suatu simpulan yang berupa pengetahuan.
Penalaran merupakan suatu kegiatan berpikir yang mempunyai karakteristik tertentu dalam menemukan kebenaran. Penalaran merupakan proses berpikir dalam menarik suatu kesimpulan yang berupa pengetahuan.
Ciri-ciri Penalaran 
Dikatakan sebagai penalaran apabila memiliki ciri – ciri :
1.      Memiliki logika, adanya suatu pola berpikir yang secara luas.
2.      Memiliki sifat analitik dari proses berpikir. Analisis hakekatnya merupakan suatu kegiatan berpikir berdasarkan langkah-langkah tertentu. Perasaan intuisi merupakan cara berpikir secara analitik.
 
Sumber :
·         http://id.wikipedia.org/wiki/Penalaran
·         http://tienivie.wordpress.com/2011/10/28/penalaran/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar