Senin, 01 November 2010

Tugas 3 softskill

SOAL-SOAL

1. Sebutkan gaya kepemimpinan yang saudara ketahui?
2. Sebutkan manfaat dari organisasi informal?
3. Sebutkan beberapa jenis bagan struktur organisasi?
4. Jelaskan perbedaan dari tata kerja, sistem kerja dan prosedur kerja?

JAWABAN

1. Gaya kepemimpinan adalah suatu cara pemimpin untuk mempengaruhi bawahannya. Ada 3 macam gaya kepemimpinan yang berbeda:

a. Otokrasi,mempunyai ciri-ciri:
• Kebijjaksanaan dilakukan oleh pemimpin
• Teknik dan langkah di dikte oleh atasan
• Pemimpin biasanya mendikte tugas setiap anggotanya
• Pemimpin cenderung menjadi pribaddi dalam pujian dan kecamannya terhadap setiap anggota

b. Demokratis, mempunyai ciri-ciri:
• Semua kebijaksanaan terjadi pada kelompok diskusi dan keputusan diambil dengan dorongan dan bantuan dari pimpinan.
• Kegiatan-kegiatan didiskusikan langkah-langkah umum untuk tujuan kelompok dibuat, dan bila dibutuhkan untuk petunjuk-petunjuk teknis pemimpin mengarahkan dua atau alternative prosedur yang dapat dipilih.
• Para anggota bebas bekerja dengan siapa saja yang mereka pilih dan pembagian tugas ditentukan oleh kelompok
• Pemimpin adalah obyektif atau “fact minded”.

c. Laissez Faire, mempunyai cirri-ciri:
• Kebebasan penuh bagi keputusan kelompok atau individu dengan partisipasi minimal dari pimpinan.
• Bahan-bahan yang bermacam-macam disediakan oleh pimpinan yang membuat orang selalu siap bila dia akan memberikan informasi pada saat ditanya.
• Sama sekali tidak ada partisipasi dari pimpinan dalam penentuan tugas
• Kadang-kadang memberi komentar spontan terhadap kegiatan anggota.

2. Manfaat dari organisasi informal, antara lain :
• Sebagai alat komunikasi tambahan
• Alat pemuas kebutuhan sosial
• Dapat membantu kegiatan managerial
• Sebagai sarana kegiatan diskusi dan tukar pikiran

3. Jenis bagan atau skema struktur organisasi :
Berdasarkan teknik atau cara membuatnya:
Skema organisasi Tegak Lurus dari atas ke bawah
• Skema organisasi Mendatar dari kiri ke kanan
• Skema organisasi gabungan Tegak Lurus dan Mendatar
• Skema Organisasi Lingkaran
• Skema Organisasi Gambar
Berdasarkan isi atau fungsi didalamnya:
Skema Organisasi Fungsional
• Skema Organisasi Jabatan
• Skema Organisasi Nama
• Skema Organisasi Nama dan Jabatan
• Skema Organisasi Struktur

4. Tata kerja adalah suatu cara melaksanakan pekerjaan dengan benar dan berhasil guna atau bisa mencapai tingkat efisiensi yang maksimal.
Prosedur adalah tahapan dalam tata kerja yang harus dilalui suatu pekerjaan baik mengenai dari mana asalnya, mau menuju kemana, kapan pekerjaan tersebut harus diselesaikan maupun alat apa yang harus digunakan agar pekerjaaan tersebut dapat diselesaikan.
Sedangkan sistem kerja adalah susunan antara tata kerja dengan prosedur yang menjadi satu, sehingga terbentuklah suatu pola tertentu dalam menyelesaikan suatu pekerjaan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar